APLIKASI-2BBOS-2BREGULER-2BREVISI-2B2020.jpg

Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun Revisi 2020

Diposting pada
Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun Revisi 2020
Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun Revisi 2020

BOS adalah biaya operasional sekolah Bos itu sendiri merupakan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bertujuan untuk membebaskan biaya pendidikan bagi siswa tidak mampu dan meringankan bagi siswa yang lain, agar mereka memperoleh layanan pendidikan dasar yang lebih bermutu sampai tamat dalam rangka penuntasan wajib belajar sembilan tahun. Yang menjadi sasaran program BOS adalah semua sekolah setingkat SD dan SMP baik negeri maupun swasta seluruh propinsi di Indonesia.

Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun Revisi 2020

Nah utnuk kesempatan yang baik ini saya akan membahas salah satu Aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola pelaporan biaya operasional sekolah ( BOS ), Aplikasi BOS Reguler 2020 adalah Aplikasi yang di buat dengan menggunakan microsoft excel yang dikembangkan dan di buat dengan baik oleh Bapak HARYONO, S.Pd seorang kepala sekolah juga salah satu pemilik blog mayfileku.com beliau membuat Aplikasi ini dengan waktu kisaran 3 jam.
Adapun tujuan dengan dibuat nya Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun Revisi 2020 ini bertujuan untuk membantu rekan-rekan semua dalam mengelola dan membuat pelaporan BOS khusus bendara dan operator yang mengemban tugas untuk membuat laporan BOS.
Memang terbilang sulit rasanya kita dalam pelaporan dana BOS apabila kita tidak segera menggunakan berbagai metode dalam mengerjakannya, yach minimal kita memahami berbagai rumus excel yang dapat kita gunakan dalam pengoperasiannya, apabila bapak/ibu menggunakan office wods insya alloh akan sedikit kesulitan.
Namun sedikit admin singgung bahwa sebelum kita menggunakan dana BOS Reguler sejak awal yang kita persiapkan adalah Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS), karena dengan rencana yang maksimal, maka akan mempermudah pula kita dalam menyusun pelaporannya. Dan apakah anda juga belum mempunyai atau menyusun RKAS yang pada tahun 2020 dana BOS Reguler ditransfer langsung dari kementerian keuangan ke masing-masing rekening sekolah.
Dan, baiklah mari kita lanjutkan pembahasan tentang materi ini yaitu Aplikasi Pelaporan BOS Reguler 2020 Excel dan perlu diketahui bahwa aplikasi ini sengaja kami kembangkan oleh Bapak Haryono, S.Pd secara sederhana, mengingat situasi dan kondisi kemampuan kami pribadi tentang pengoperasian aplikasi excel, namun insya alloh dalam hal ini akan sedikit membantu bapak/ibu dalam menyusun laporan pertanggungjawaban dana BOS yang dilaporkan setiap bulan. 
Daftar Menu yang ada pada Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun Revisi 2020 antara lain sebagai berikut ;
1. Home
2. Sheet Data isian yang wajib diisi, 

karena data isian di sini akan muncul secara otomatis pada masing-masing pelaporan  Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun 2020 Excel

3. Sheet Cover Laporan

Pada sheet cover laporan ini apabila tidak terpaksa jangan diubah, namun apabila masih membutuhkan perubahan silahkan diubah sendiri. (cukup jelas)

COVER LAPORAN BOS Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun Revisi 2020
COVER LAPORAN Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun Revisi 2020

4. Sheet Buku Kas Umum (BKU) 

Pada menu ini yang perlu dipahami adalah kode BT (Buku Tunai), BB (Buku Bank), BP (Buku Pajak) kode tersebut nantinya akan memasukkan pembukuan ke masing-masing kode, sehingga perlu diperhatikan secara seksama.
Yang harus wajib diisi lagi adalah misalnya kode 5.1.7 dst; kode tersebut diambil dari sheet K7 (ingat cukup copas kodenya) sesuai pembelanjaan kode tersebut nantinya akan secara otomatis masuk pada sheet K7a yang dipergunakan pada pelaporan BOS online.
Kode misalnya 5.2.2.01.01 cara mendapatkan kode tersebut berasal dari sheet 144 belanja (yang dulu 44 belanja), dan perlu diingat nantinya pada sheet 144 belanja otomatis akan terisi.

5. Menu Sheet Buku Kas Tunai (BT)

Ingat ! untuk Buku Kas Tunai ini cukup hanya dikontrol apabila terjadi selisih dengan BKU, dan apabila terdapat selisih dapat disesuaikan,
Mengapa terjadi selisih?
Dalam hal pengisian Buku Kas Umum terutama pada saldo itu terdiri dari; Kas Tunai. Bank, Pajak.

BUKU PEMBANTU KAS TUNAI
BUKU PEMBANTU KAS TUNAI

6. Buku Bank (BB)

Pada pengisian buku bank ini dapat diisi secara manual ataupun langsung mengambil pada Sheet Buku Kas Umum (BKU) dengan rumus ( = ring (…) mudah bukan ?

7. Buku Pajak (BP)

Dalam buku pajak ini sebenarnya dapat dibuat rumus, namun karena mungkin pengguna tidak sama kemampuan untuk mengoperasikan IT (maaf), sehingga tetap cukup gunakan rumus (= ambil dari BKU).

BUKU PEMBANTU KAS PAJAK
BUKU PEMBANTU KAS PAJAK

8. Sheet K7

Ingat bahwa dalam menyusun laporan pertanggungjawaban dana BOS juga kita mempunyai tanggungjawab kepada menteri dalam negeri, sehingga pada sheet K7 ini merupakan pelaporan format yang dibutuhkan Mendagri.
Untuk sheet K7 tidak usah dikerjakan, karena secara otomatis sudah terisi dari Buku Kas Tunai (BT) karena kita cukup mengambil kodenya tadi.

9. Sheet K7a

Pada format K7a secara otmatis sudah terisi dari sheet K7, namun perlu juga dikontrol tingkat kebenarannya, karena saya juga manusia masih punya kesalahan. (intinya cukup dikontrol saja) dan apabila menghendaki perubahan, maka kode pada Buku Kas Tunai (BT) yang diubah dan juga mengambil dari sheet K7 tadi.
Waspada karena pada format K7a ini nantinya akan dilaporkan secara online pada laman https://bos.kemdikbud.go.id/

10. Format K7b

Pada format K7b ini cukup mengisi …. lembar uang kertas maupun logam sesuai dengan jumlah saldonya, dan apabila terdapat selisih di bawah nilai 100 sudah berbunyi sendri kalimatnya 

 11. Format K7c

Pada format pengisian K7c ini bapak/ibu tidak usah mengisi, karena sudah terisi secara otomatis, namun apabila menginginkan perubahan silahkan diubah sendiri.

12. Format 144 Belanja BOS

Format ini kalau pada pelaporan tahun 2019 adalah cukup 44 belanja, dan pelaporan ini merupakan kebijakan dari pemerintah daerah.
Format 144 belanja dana BOS pada aplikasi yang kami buat ini tidak usah diisi, karena sudah terisi dari Buku Kas Tunai (BT), oleh sebab itu kata kunci adalah kode K7, dan kode pada sheet 144 belanja

13. Format 3 Belanja BOS
Yang dimaksud dengan format ini adalah:
  • Belanja Pegawai
  • Belanja Barang dan Jasa
  • Belanja Modal

Dan secara kebetulan format ini sudah terisi secara otmatis dari sheet 144 belanja.

14. Berita Acara Pemeriksaan pelaporan (cukup jelas)
15. Cetak kuitansi khusus Honor woyata bakti (cukup jelas)
16. Rekap data kuitansi pelaporan yang bersumber dari Buku Kas Tunai (BT)
17. Cetak Kuitansi
Terakhir adalah sheet untuk mencetak kuitansi pelaporan BOS.
Perlu diingat bahwa dalam mencetak kwitansi ini buku kwitansi yang digunakan adalah buku kuitansi merk gelatik kembar.
Link Unduhan Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun Revisi 2020
Kesimpulan 

“Artinya bahwa pada saat kita belanja wajib membawa atau minta kwitansi dari toko/stempel toko bersamaan dengan nota belanja, yang nantinya pada saat akan menyusun Laporan, maka kuitansi tersebut masukkan pada print langsung dan bisa langsung cetak, Pokonya Mantep Deh !!!! “

Itulah review dan uraian secara keseluruhan tentang Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun Revisi 2020 yang dapat admin sampaikan , semoga dengan adanya Aplikasi BOS ini dapat membantu dan mempermudah rekan-rekan semua dalam membuat laporan BOS NYA, Terima Kasih.

Tutorial Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun Revisi 2020