Prorgam-Unit-PKB.gif

Paket Unit Pembelajaran Berbasis Zonasi Program PKB Melalui PKP

Diposting pada
Kembali bersama fileini.com  salah satu blog yang di buat untuk berbagi file file administrasi dan aplikasi yang dapat dipergunakan untuk semua sekolah mulai dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, untuk pertemuan kali ini admin akan membagikan file tentang Progam PKB melalui PKP yang berbasis zonasi.
Apa saja Tujuan dan harapan dengan adanya Paket Unit Pembelajaran Berbasis Zonasi Program PKB Melalui PKP yang dikeluarkan oleh kemdikbud pada tahun ajaran baru 2019/2020, mari kita simak penjelasan secara singkat dibawah ini.

PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP) BERBASIS ZONASI

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Paket Unit Pembelajaran Berbasis Zonasi Program PKB Melalui PKP

Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru professional. 
Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik. Penelitian menunjukkan bahwa 30% prestasi peserta didik ditentukan oleh faktor guru. Dengan demikian maka guru harus senantiasa meng-update dirinya dengan melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan. 
Jika program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sebelumnya didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional, maka Program

Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi lebih berfokus pada upaya memintarkan peserta didik melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Berbasis zonasi ini dilakukan mengingat luasnya wilayah Indonesia. 

Zonasi diperlukan guna memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, sehingga peningkatan pendidikan dapat berjalan secara masif dan tepat sasaran. Unit Pembelajaran yang sudah tersusun diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran. Unit Pembelajaran yang dikembangkan dikhususkan untuk Pendidikan Dasar yang dalam hal ini akan melibatkan KKG SD dan MGMP SMP.
Paket Unit Pembelajaran Berbasis Zonasi Program PKB Melalui PKP

Dengan diterbitkan – nya Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Unit Pembelajaran ini disusun berdasarkan analisis Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, serta analisis soal-soal Ujian Nasional maupun Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

UN dan USBN merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pendidikan nasional. UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. 
Hasil pengukuran capaian siswa berdasar UN ternyata selaras dengan capaian PISA maupun TIMSS. Hasil UN tahun 2018 menunjukkan bahwa siswa-siswa masih lemah dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) seperti menalar, menganalisis, dan mengevaluasi. 
Oleh karena itu siswa harus dibiasakan dengan soal-soal dan pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) agar terdorong kemampuan berpikir kritisnya. 
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. 
Program ini dikembangkan dengan menekankan pembelajaran yang berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).
Itulah uraian singkat tentang Paket Unit Pembelajaran Berbasis Zonasi Program PKB Melalui PKP yang dapat admin sampaikan. Nah untuk mendapatkan file file NYA silahkan bapak/ibu unduh pada urutan file yang sudah admin sediakan sesuai dengan mapel yang ada disekolahnya masing-masing :
Sekian uraian dan penjelasan secara singkat mengenai Paket Unit Pembelajaran Program PKB melalui PKP yang berbasis zonasi yang dapat admin sampaikan, semoga dapat membantu dan dipergunakan sebagaimana mestinya terima kasih.
Apabila ada kata – kata dan tulisan yang salah dan  kurang dipahami admin mohon maaf dan silahkan kritik dan saran  ditungu pada kolom komentar untuk motivasi admin dalam perbaikan pada konten konten berikutnya.

Ingat kata bang Jali goyang kan jarimu klik tombol dibawah ini dan jangan lupa SAHRE kembali pada rekan rekan yang lain

🙏🙏🙏👇👇👇👇👇🙏🙏🙏🙏